Cars2 - You Might Think

Sabtu, 04 Februari 2012

Kejahatan Lewat via "SMS"

Kebaikan dan kejahatan sepertinya ibarat 2 mata koin. Baru saja kemarin ada pelanggan pulsa eceranPULSAHOLIC.NET mengalami penipuan via telepon, yang lebih menyedihkan lagi penipuan itu tepat berada di depan mata saya, di dalam konter saya. Gelagat aneh sudah diperlihatkan oleh orang tersebut, termasuk selalu bilang : "iya..nggih..iya..nggih" di telepon. Orang tersebut adalah tetangga saya sendiri, pedagang Es Degan, punya anak 3 dan hanya berpenghasilan di bawah 1 juta setiap bulannya.

Logika saya mengatakan, sesorang yg berpenghasilan dibawah sejuta ingin mengisi pulsa sebesar 100 ribu dan itu pun tidak ke 1 nomor, melainkan ke 8 nomor, pasti ada yang tidak beres. Untungnya saya sigap, dan segera menyadari bahwa orang ini telah di hipnotis. Saya katakan ke orang itu : "Mas, aku bisa ngisi bila teleponnya ditutup dahulu...", lalu orang tsb menyahut : "wah, kalo saya tutup, saya gak bisa berbicara lagi dong dengan adik saya..". Benar saja, dia langsung keluar dari konter saya dan berjalan kaki menuju ke konter di sebelah melakukan transaksi pembelian pulsa.

Malam hari nya, saya mencari orang itu dan menanyakan perihal hipnotis tersebut. Usut punya usut orang tersebut telah tertipu sebesar Rp.2,500,000,-. Saya sangat sedih mendengarnya, kok ya tega orang dah gak punya duit kok masih ditipu ??Hadooohhh....
Malam itu kita bercerita panjang lebar, modus operandinya bagaimana, berawal seperti apa, dll (ibarat detektif). Akhirnya sampailah saya pada kesimpulan akhir bahwa modus penipuannya seperti ini :

a. Awalnya, akan ada SMS yang masuk ke nomor anda yang berisi : SELAMAT !!ANDA MENDAPATKAN HADIAH UANG TUNAI SEBESAR Rp.84 JUTA DARI TELKO****. SILAHKAN ANDA MENGHUBUNGI NOMOR 0811223..... UNTUK MENGKLAIM HADIAH ANDA HARI INI (kurang lebihnya seperti itu, biasanya mengaku dari perusahaan seluler besar di Indonesia dan perusahaan penyiaran televisi ). Saran saya, jangan cepat percaya walaupun ada keterangan PENGIRIM nya adalah TELKOMSEL atau INDOSAT atau XL atau yang lain-lain karena saat ini jasa sms masking sudah semakin marak.
b. Ketika anda memutuskan untuk telepon, disitulah malapetaka terjadi yaituHIPNOTIS. Pertama kali anda disuruh mengisi pulsa ke nomor-nomor yang tidak dikenal. Lalu yang kedua anda akan disuruh men transfer sejumlah uang ke nomor rekening yang telah disiapkan.

Jika 2 hal tersebut diatas sudah dilakukan, saya pastikan ketika anda menutup telepon, sport jantung yang akan anda alami. Yang sabar yah. Nah, yang bisa saya share disini adalah tips-tips untuk PENCEGAHAN, karena pencegahan lebih baik daripada PENGOBATAN (emangnya sakit boss..). Berikut adalah tips pencegahan dari kejahatan HIPNOTIS via sms ataupun telepon :

1. Ketika anda menerima SMS dari nomor yang tidak dikenal, tidak usah dilayani apalagi dengan iming-iming hadiah yang belum jelas juntrungannya.
2. Jika anda ingin lebih memastikan lagi bila perusahaan tsb mengadakan undian, anda bisa langsung telpon ke layanan customer service dari perusahaan yang disebutkan pada sms penipuan tersebut untuk mengecek kebenarannya. (contoh bila yang disebutkan adalah Telkomsel maka anda bisa langsung menghubungi ke nomor :
* Medan (061 – 457 8811)
* Jakarta (021 – 21899811)
* Bandung (022 – 415 0811)
* Surabaya (031 – 8403811)
Yang lain silakan anda bisa langsung tanyakan mbah google.

3. Selalu berdo'a dan tawakal kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita sebagai hambanya tak pernah luput dari musibah. Oke
4. Lebih waspada dan lebih SMART dalam menanggapi sms atau telepon yang masuk.
5. Sebarkan tips ini ke teman-temanmu agar tidak mengalami hal yang serupa.

Kalo ada yang ingin menambahkan tips-tips diatas, silahkan karena menebar/sharing kebaikan itu SEXY !!! So, share it guy's !! Sampai jumpa di artikel berikutnya

Tidak ada komentar: